Insan Mulia

Senin, 07 Mei 2018

Dokter herba


Asmaul Husna


MANUSIA & HERBA

 MANUSIA & HERBA

Pentingnya DETOKSIFIKASI Bagi TUBUH MANUSIA

 Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS. An Nahl [16] : 11)

Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. (QS.’Abasa [80]:24)

 Lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu. (QS.’Abasa [80]: 27 - 32)

 Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
(Al Baqarah [2]: 168-169)

 Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS.Al-Baqarah [2] : 208)

 Hadist:
“Gunakanlah dua penyembuh: madu dan Al Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Al Hakim)

“Kesembuhan itu ada dalam 3 perkara, yaitu minum madu, berbekam, dan kay dengan api. Dan aku melarang umatku dari kay.” (HR. Bukhari)

 Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan bagi setiap penyakit obatnya, maka (berobatlah kamu sekalian, tetapi) jangan berobat dengan yang haram.” (HR. Abu Dawud)

Dari Jabir berkata, “Rasulullah bersabda, bagi tiap-tiap penyakit itu ada obatnya, apa bila obat yang dengan penyakitnya maka ia sembuh dengan izin Allah.” (H.R. Muslim)

 ☘ Apa itu  Herba.
Herba adalah segala bahan (tumbuh-tumbuhan, hewan, ikan, garam/batu-batuan) yang mengandung satu atau beberapa bahan aktif yang dapat digunakan untuk tujuan pengobatan

 ☘Cara Kerja Herba
Sbb:

✔1. Release (mengeluarkan):dalam proses ini segala racun/toksid dalam tubuh di keluarkan (detoksifikasi).

✔2. Relax (mengistirahatkan):peringkat ini tubuh diletakan dalam keadaan yang stabil dimana keadaan suhu, alkali (basa), dan acid (asam) berada dalam tahap yang paling baik,agar dapat membantu berfungsinya sistem imunitas.

✔3. Regeneration (menggantikan dengan yang baru): sel-sel yang mati/rusak di ganti dengan yang baru, dimana herba dengan antioksidannya dapat bertindak sebagai antiaging dalam pencegahan penyakit-penyakit degeneratif.

✔4. Refunction (mengembalaikan fungsi): setelah proses di atas berjalan sempurna, maka organ – organ akan berfungsi normal kembali, sebagaimana Allah ciptakan.

 ðŸ–¤ HERBA PAHIT

Hati merupakan organ yg pahit-alkali maka darah dan lymph yang melalui hati menjadi alkali. Hati berfungsi mencuci dan menjadikan darah sedikit beralkali. Ia bertindak dgn menghilangkan asid dan toksik larut lemak di dalam darah. Ia bertindak menjadikan toksin tersebut lebih larut air seterusnya dapat dikeluarkan melalui urin. Hati menetralkan racun dengan menjadikannya beralkali dan memusnahkannya melalui hempedu. Hempedu bertindak sebagai pengemulsi (bahan berminyak ditukarkan kepada bahan larut air). Darah di dalam tubuh yang sehat mempunyai pH 7.34. Seseorang yang sakit mempunyai darah yang agak berasid (asidosis). Darah yang berasid dapat merusakkan organ.

Herba pahit adalah herba yang melakukan

▪ Proses detoksifikasi (pembuangan racun) pada hati

▪ Digunakan untuk mencuci dan menguatkan hati, melindungi hati dari bahan kimia toksik, mengeluarkan toksik yg sedia ada di dalam sel hati

▪ Antibakteria, antivirus dan antifungi

▪ Organ yang berpengaruh : Usus Besar, Hati, Limpa.

◼ Untuk proses diagnosa awal organ ini ,lihat Mulut :
●WARNA LIDAH: *Keruh.
*Hilang selera makan.
●KUKU : Mudah Patah
●MATA : Seperti selalu kotor dan berpasir.
●cepat  lelah
●Mudah Tersinggung
●Perut tidak nyaman.
●Mudah marah.
●Kegemukan
●Mudah Mengantuk
●Gangguan pada kulit.
●Sesak Nafas.

Kenali Pesan dari TUBUH Anda.(Fishiodiaghnosis)

SEMOGA BERMANFAAT,

Photo Keluarga









RPP kelas X Kurtilas


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
           
Kelas/Semester         : X/2
Materi Pembelajaran     : Hukum Newton tentang Gravitasi
Alokasi Waktu           :  12 × 45 menit
Jumlah Pertemuan   : 3 kali

I.         KOMPETENSI INTI
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

II.      KOMPETENSI DASAR 
No.
Kompetensi Dasar
1.1

1.2
Bertambah Keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida kalor dan optik.

2.1



2.2


Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.8
Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
4.8
Menyajikan karya mengenai gerak satelit buatan yang mengorbit bumi, pemanfaatan dan dampak yang ditimbulkannya dari berbagai sumber informasi

 

III.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama
Melalui kegiatan diskusi dilanjutkan dengan pemberian soal uji kompetensi, peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menyatakan hukum Newton tentang gravitasi sebagai gaya medan yang berhubungan dengan gaya antara dua benda bermassa

Pertemuan kedua
Melalui kegiatan diskusi dilanjutkan dengan pemberian soal uji kompetensi, peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menghubungkan hukum-hukum Kepler tentang gerak planet dengan hukum-hukum gerak Newton
2.      Menjelaskan orbit planet dan satelit dengan menggunakan hukum gravitasi umum Newton

Melalui diskusi dan kerja kelompok, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Mencari data massa dan jari-jari tiap planet untuk menghitung kelajuan benda (satelit) mengorbit planet
 

A.   Materi Pembelajaran
Hukum Newton tentang Gravitasi
       Hukum gravitasi umum Newton
       Gerak Planet

B.      Metode Pembelajaran:
Diskusi

C.       Kegiatan Pembelajaran:

  1. Pertemuan ke-1
a.       Pendahuluan (15 menit)
        Siswa berkumpul dan duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
        Memberikan salam dan berdoa (sebagai implementasi nilai religius).
        Mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
        Motivasi:  Guru menanyakan bagaimana kondisi bumi tanpa gravitasi?
        Guru menyampaian tujuan pembelajaran.

b.       Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati
       Mengamati ilustrasi buah apel jatuh dari pohonnya.
Mempertanyakan
       Mempertanyakan hubungan gravitasi dengan benda bermassa
Mengeksplorasi
   Mendiskusikan konsep gaya gravitasi dan percepatan gravitasi
Asosiasi
       Menyelesaikan masalah gaya gravitasi dan percepatan gravitasi
c.        Penutup (20 menit)
       Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan  pembelajaran.
       Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
       Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep Kepler untuk pertemuan berikutnya
       Tindak lanjut: Penugasan menjawab uji kompetensi bab 2 esai nomor 1,3,6,7,8.
  1. Pertemuan ke-2
a.       Pendahuluan (15 menit)
       Siswa berkumpul dan duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
        Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
        Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
        Motivasi:  guru menanyakan objek apa yang menjadi pusat alam semesta?
        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.       Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati
       Mengamati ilustrasi planet (bumi) mengitari matahari
Mempertanyakan
       Mempertanyakan hubungan jari-jari terhadap periode planet
Mengeksplorasi
   Mendiskusikan hukum Kepler berdasarkan hukum Newton tentang gravitasi
   Membuat perbandingan pemahaman tentang gerak Bumi dan Matahari dalam tatasurya
   Mengeksplorasi  data dan informasi tentang satelit geostasioner (kegunaan, kemampuan, kedudukan, dan kecepatan geraknya) melalui berbagai sumber secara berkelompok
Asosiasi
     Membuat ulasan tentang hubungan antara kedudukan, kemampuan, dan kecepatan gerak satelit berdasarkan data dan informasi hasil eksplorasi dengan menerapkan hukum Kepler
Mengomunikasikan
       Membuat laporan tertulis
c.        Penutup (10 menit)
     Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan kegiatan  pembelajaran.
    Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep usaha dan energi untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan ke-3
Ulangan harian II

  1. Sumber Belajar/Alat/Bahan
Sumber:
Buku Fisika XI Marthen Kanginan Erlangga, bab 2,
Internet

  1. Penilaian
                                             
1.      Teknik Penilaian dan bentuk instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
 Pilihan Ganda dan Uraian
Portofolio (data dan informasi tentang satelit geostasioner)
Panduan Penyusunan Portofolio


2.      Instrumen penilaian
a.       Lembar pengamatan sikap
No
Aspek yang dinilai
5
4
3
2
1
Keterangan
1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya






2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif






                Rubrik pengamatan sikap
       1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
       2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator,  tetapi belum konsisten
       3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
       4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
       5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

b.      Penilaian pemahaman konsep
1)      Uraian (Uji Kompetensi Bab 2 nomor 12,5,9,10,14)

Rubrik Penilaian Tes Uraian
I.         Penilaian Pemahaman Konsep
A.      Bentuk Soal Uraian
1.        Jumlah soal                  = 5  butir soal
2.        Bobot soal                   = lihat tabel
3.        Skor     Ideal                = 100


No
Soal
Hasil Pengerjaan soal
Skor
Skor Maksimal
1
a.       Jika mengerjakan 2 soal gaya gravitasi pada dua benda bermassa dengan benar
20
20
b.      Jika mengerjakan 1 soal gaya gravitasi pada dua benda bermassa dengan benar
10
c.       Jika mengerjakan 2 soal gaya gravitasi pada dua benda bermassa tetapi salah
1
d.      Jika tidak menjawab
0
2
a.       Jika  mengerjakan soal gaya gravitasi dengan benar
20
20
b.      Jika  mengerjakan soal gaya gravitasi tetapi salah
2
c.       Jika tidak menjawab
0
3
a.       Jika  mengerjakan 3 soal percepatan gravitasi dengan benar
20
20
b.      Jika  mengerjakan 2 soal percepatan gravitasi dengan benar
15
c.       Jika  mengerjakan 1 soal percepatan gravitasi dengan benar
10
d.      Jika mengerjakan 3 soal percepatan gravitasi tetapi salah
2
e.       Jika tidak menjawab
0
4
a.       Jika  mengerjakan 2 soal percepatan gravitasi dari ketinggian tertentu dengan benar
20
20
b.      Jika  mengerjakan 1 soal percepatan gravitasi dari ketinggian tertentu dengan benar
10
c.       Jika  mengerjakan 2 soal percepatan gravitasi dari ketinggian tertentu tetapi salah
2
d.      Jika tidak menjawab
0
5
  1. Jika mengerjakan soal periode planet Q dengan benar
20
20
b.      Jika mengerjakan soal periode planet Q tetapi salah
2
  1. Jika tidak menjawab
0
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
100

Nilai Akhir     = Total Skor Uraian
                        = 100
 
 


c.       Penilaian portofolio







No
KI / KD / PI
Waktu
MACAM PORTOFOLIO
Jumlah Skor
Nilai
Kualitas Rangkumn
Makalah



1

























2



















       PI = Pencapaian Indikator
       Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio.
       Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 – 100.
       Penilaian Portofolio dilakukan dengan sistem pembobotan sesuai tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                            Guru Mata Pelajaran



PURWANTI, S.Pd,M.Pd                                                             TOTO SUGIARTO, S.Pd, M.Pd
NIP. 19620106 198412 2 003                                                             NIP. 19701022 199301 1 001



Bugar yang Memesona