pada hakekatnya manusia lahir dalam kondisi suci, maka bagaimana menjadikan mereka sebagai insanmulia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan dan mempraktekkannya dalam keseharian mereka.
Senin, 07 Mei 2018
MANUSIA & HERBA
MANUSIA & HERBA
Pentingnya DETOKSIFIKASI Bagi TUBUH MANUSIA
Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS. An Nahl [16] : 11)
Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. (QS.’Abasa [80]:24)
Lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu. (QS.’Abasa [80]: 27 - 32)
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
(Al Baqarah [2]: 168-169)
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS.Al-Baqarah [2] : 208)
Hadist:
“Gunakanlah dua penyembuh: madu dan Al Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Al Hakim)
“Kesembuhan itu ada dalam 3 perkara, yaitu minum madu, berbekam, dan kay dengan api. Dan aku melarang umatku dari kay.” (HR. Bukhari)
Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan bagi setiap penyakit obatnya, maka (berobatlah kamu sekalian, tetapi) jangan berobat dengan yang haram.” (HR. Abu Dawud)
Dari Jabir berkata, “Rasulullah bersabda, bagi tiap-tiap penyakit itu ada obatnya, apa bila obat yang dengan penyakitnya maka ia sembuh dengan izin Allah.” (H.R. Muslim)
☘ Apa itu Herba.
Herba adalah segala bahan (tumbuh-tumbuhan, hewan, ikan, garam/batu-batuan) yang mengandung satu atau beberapa bahan aktif yang dapat digunakan untuk tujuan pengobatan
☘Cara Kerja Herba
Sbb:
✔1. Release (mengeluarkan):dalam proses ini segala racun/toksid dalam tubuh di keluarkan (detoksifikasi).
✔2. Relax (mengistirahatkan):peringkat ini tubuh diletakan dalam keadaan yang stabil dimana keadaan suhu, alkali (basa), dan acid (asam) berada dalam tahap yang paling baik,agar dapat membantu berfungsinya sistem imunitas.
✔3. Regeneration (menggantikan dengan yang baru): sel-sel yang mati/rusak di ganti dengan yang baru, dimana herba dengan antioksidannya dapat bertindak sebagai antiaging dalam pencegahan penyakit-penyakit degeneratif.
✔4. Refunction (mengembalaikan fungsi): setelah proses di atas berjalan sempurna, maka organ – organ akan berfungsi normal kembali, sebagaimana Allah ciptakan.
🖤 HERBA PAHIT
Hati merupakan organ yg pahit-alkali maka darah dan lymph yang melalui hati menjadi alkali. Hati berfungsi mencuci dan menjadikan darah sedikit beralkali. Ia bertindak dgn menghilangkan asid dan toksik larut lemak di dalam darah. Ia bertindak menjadikan toksin tersebut lebih larut air seterusnya dapat dikeluarkan melalui urin. Hati menetralkan racun dengan menjadikannya beralkali dan memusnahkannya melalui hempedu. Hempedu bertindak sebagai pengemulsi (bahan berminyak ditukarkan kepada bahan larut air). Darah di dalam tubuh yang sehat mempunyai pH 7.34. Seseorang yang sakit mempunyai darah yang agak berasid (asidosis). Darah yang berasid dapat merusakkan organ.
Herba pahit adalah herba yang melakukan
▪ Proses detoksifikasi (pembuangan racun) pada hati
▪ Digunakan untuk mencuci dan menguatkan hati, melindungi hati dari bahan kimia toksik, mengeluarkan toksik yg sedia ada di dalam sel hati
▪ Antibakteria, antivirus dan antifungi
▪ Organ yang berpengaruh : Usus Besar, Hati, Limpa.
◼ Untuk proses diagnosa awal organ ini ,lihat Mulut :
●WARNA LIDAH: *Keruh.
*Hilang selera makan.
●KUKU : Mudah Patah
●MATA : Seperti selalu kotor dan berpasir.
●cepat lelah
●Mudah Tersinggung
●Perut tidak nyaman.
●Mudah marah.
●Kegemukan
●Mudah Mengantuk
●Gangguan pada kulit.
●Sesak Nafas.
Kenali Pesan dari TUBUH Anda.(Fishiodiaghnosis)
SEMOGA BERMANFAAT,
Pentingnya DETOKSIFIKASI Bagi TUBUH MANUSIA
Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS. An Nahl [16] : 11)
Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. (QS.’Abasa [80]:24)
Lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu. (QS.’Abasa [80]: 27 - 32)
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
(Al Baqarah [2]: 168-169)
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS.Al-Baqarah [2] : 208)
Hadist:
“Gunakanlah dua penyembuh: madu dan Al Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Al Hakim)
“Kesembuhan itu ada dalam 3 perkara, yaitu minum madu, berbekam, dan kay dengan api. Dan aku melarang umatku dari kay.” (HR. Bukhari)
Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan bagi setiap penyakit obatnya, maka (berobatlah kamu sekalian, tetapi) jangan berobat dengan yang haram.” (HR. Abu Dawud)
Dari Jabir berkata, “Rasulullah bersabda, bagi tiap-tiap penyakit itu ada obatnya, apa bila obat yang dengan penyakitnya maka ia sembuh dengan izin Allah.” (H.R. Muslim)
☘ Apa itu Herba.
Herba adalah segala bahan (tumbuh-tumbuhan, hewan, ikan, garam/batu-batuan) yang mengandung satu atau beberapa bahan aktif yang dapat digunakan untuk tujuan pengobatan
☘Cara Kerja Herba
Sbb:
✔1. Release (mengeluarkan):dalam proses ini segala racun/toksid dalam tubuh di keluarkan (detoksifikasi).
✔2. Relax (mengistirahatkan):peringkat ini tubuh diletakan dalam keadaan yang stabil dimana keadaan suhu, alkali (basa), dan acid (asam) berada dalam tahap yang paling baik,agar dapat membantu berfungsinya sistem imunitas.
✔3. Regeneration (menggantikan dengan yang baru): sel-sel yang mati/rusak di ganti dengan yang baru, dimana herba dengan antioksidannya dapat bertindak sebagai antiaging dalam pencegahan penyakit-penyakit degeneratif.
✔4. Refunction (mengembalaikan fungsi): setelah proses di atas berjalan sempurna, maka organ – organ akan berfungsi normal kembali, sebagaimana Allah ciptakan.
🖤 HERBA PAHIT
Hati merupakan organ yg pahit-alkali maka darah dan lymph yang melalui hati menjadi alkali. Hati berfungsi mencuci dan menjadikan darah sedikit beralkali. Ia bertindak dgn menghilangkan asid dan toksik larut lemak di dalam darah. Ia bertindak menjadikan toksin tersebut lebih larut air seterusnya dapat dikeluarkan melalui urin. Hati menetralkan racun dengan menjadikannya beralkali dan memusnahkannya melalui hempedu. Hempedu bertindak sebagai pengemulsi (bahan berminyak ditukarkan kepada bahan larut air). Darah di dalam tubuh yang sehat mempunyai pH 7.34. Seseorang yang sakit mempunyai darah yang agak berasid (asidosis). Darah yang berasid dapat merusakkan organ.
Herba pahit adalah herba yang melakukan
▪ Proses detoksifikasi (pembuangan racun) pada hati
▪ Digunakan untuk mencuci dan menguatkan hati, melindungi hati dari bahan kimia toksik, mengeluarkan toksik yg sedia ada di dalam sel hati
▪ Antibakteria, antivirus dan antifungi
▪ Organ yang berpengaruh : Usus Besar, Hati, Limpa.
◼ Untuk proses diagnosa awal organ ini ,lihat Mulut :
●WARNA LIDAH: *Keruh.
*Hilang selera makan.
●KUKU : Mudah Patah
●MATA : Seperti selalu kotor dan berpasir.
●cepat lelah
●Mudah Tersinggung
●Perut tidak nyaman.
●Mudah marah.
●Kegemukan
●Mudah Mengantuk
●Gangguan pada kulit.
●Sesak Nafas.
Kenali Pesan dari TUBUH Anda.(Fishiodiaghnosis)
SEMOGA BERMANFAAT,
RPP kelas X Kurtilas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP)
Kelas/Semester : X/2
Materi Pembelajaran : Hukum Newton tentang Gravitasi
Alokasi Waktu : 12 × 45 menit
Jumlah Pertemuan : 3 kali
I.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
II. KOMPETENSI
DASAR
No.
|
Kompetensi Dasar
|
1.1
1.2
|
Bertambah Keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya.
Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik
fenomena gerak, fluida kalor dan optik.
|
2.1
2.2
|
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
3.8
|
Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya
berdasarkan hukum-hukum Newton
|
4.8
|
Menyajikan
karya mengenai gerak satelit buatan yang mengorbit bumi, pemanfaatan dan
dampak yang ditimbulkannya dari berbagai sumber informasi
|
III. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama
Melalui kegiatan diskusi dilanjutkan dengan pemberian soal
uji kompetensi, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menyatakan hukum Newton tentang gravitasi sebagai gaya
medan yang berhubungan dengan gaya antara dua benda bermassa
Pertemuan
kedua
Melalui kegiatan diskusi dilanjutkan dengan pemberian soal uji
kompetensi, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menghubungkan hukum-hukum Kepler tentang gerak planet
dengan hukum-hukum gerak Newton
2.
Menjelaskan orbit planet dan satelit dengan menggunakan
hukum gravitasi umum Newton
Melalui diskusi dan kerja kelompok, peserta didik
diharapkan dapat:
- Mencari data
massa dan jari-jari tiap planet untuk menghitung kelajuan benda (satelit)
mengorbit planet
A. Materi Pembelajaran
Hukum Newton
tentang Gravitasi
●
Hukum gravitasi umum Newton
●
Gerak Planet
Diskusi
C.
Kegiatan Pembelajaran:
- Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan (15 menit)
●
Siswa berkumpul dan duduk sesuai dengan
kelompoknya masing-masing.
●
Memberikan salam dan berdoa (sebagai
implementasi nilai religius).
●
Mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan
(sebagai implementasi nilai disiplin).
●
Motivasi:
Guru menanyakan bagaimana kondisi bumi tanpa gravitasi?
●
Guru menyampaian tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati
●
Mengamati ilustrasi buah apel jatuh dari pohonnya.
Mempertanyakan
●
Mempertanyakan hubungan gravitasi dengan benda bermassa
Mengeksplorasi
●
Mendiskusikan konsep gaya gravitasi dan percepatan
gravitasi
Asosiasi
●
Menyelesaikan masalah gaya gravitasi dan percepatan
gravitasi
c.
Penutup (20 menit)
●
Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan
kegiatan pembelajaran.
●
Guru memberikan umpan balik proses dan hasil pembelajaran
untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
●
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam
pembelajaran.
●
Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep Kepler
untuk pertemuan berikutnya
●
Tindak lanjut: Penugasan menjawab uji kompetensi bab 2 esai
nomor 1,3,6,7,8.
- Pertemuan ke-2
a.
Pendahuluan (15 menit)
●
Siswa berkumpul dan duduk sesuai dengan kelompoknya
masing-masing.
●
Guru memberikan salam dan berdoa bersama
(sebagai implementasi nilai religius).
●
Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan
pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
●
Motivasi:
guru menanyakan objek apa yang menjadi pusat alam semesta?
●
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati
●
Mengamati ilustrasi planet (bumi) mengitari matahari
Mempertanyakan
●
Mempertanyakan hubungan jari-jari terhadap periode planet
Mengeksplorasi
●
Mendiskusikan hukum Kepler berdasarkan hukum Newton tentang
gravitasi
●
Membuat perbandingan pemahaman tentang gerak Bumi dan
Matahari dalam tatasurya
●
Mengeksplorasi data
dan informasi tentang satelit geostasioner (kegunaan, kemampuan, kedudukan, dan
kecepatan geraknya) melalui berbagai sumber secara berkelompok
Asosiasi
●
Membuat ulasan tentang hubungan antara kedudukan,
kemampuan, dan kecepatan gerak satelit berdasarkan data dan informasi hasil
eksplorasi dengan menerapkan hukum Kepler
Mengomunikasikan
●
Membuat laporan tertulis
c.
Penutup (10 menit)
●
Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan
kegiatan pembelajaran.
●
Guru meminta peserta didik untuk mempelajari konsep usaha
dan energi untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan ke-3
Ulangan harian II
- Sumber
Belajar/Alat/Bahan
Sumber:
Buku Fisika XI
Marthen Kanginan Erlangga, bab 2,
Internet
- Penilaian
1.
Teknik Penilaian dan bentuk instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Pilihan Ganda dan
Uraian
|
Portofolio (data dan informasi tentang satelit
geostasioner)
|
Panduan Penyusunan Portofolio
|
2.
Instrumen penilaian
a.
Lembar pengamatan sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
pengamatan sikap
●
1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
●
2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indikator,
tetapi belum konsisten
●
3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indikator
●
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
●
5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indikator
b.
Penilaian pemahaman konsep
1)
Uraian (Uji Kompetensi Bab 2 nomor 12,5,9,10,14)
Rubrik Penilaian Tes Uraian
I.
Penilaian Pemahaman Konsep
A.
Bentuk Soal Uraian
1.
Jumlah soal =
5 butir soal
2.
Bobot soal =
lihat tabel
3.
Skor Ideal = 100
No
Soal
|
Hasil Pengerjaan soal
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
a.
Jika mengerjakan 2 soal gaya gravitasi pada dua benda
bermassa dengan benar
|
20
|
20
|
b.
Jika mengerjakan 1 soal gaya gravitasi pada dua benda
bermassa dengan benar
|
10
|
||
c.
Jika mengerjakan 2 soal gaya gravitasi pada dua benda
bermassa tetapi salah
|
1
|
||
d.
Jika tidak menjawab
|
0
|
||
2
|
a.
Jika mengerjakan
soal gaya gravitasi dengan benar
|
20
|
20
|
b.
Jika mengerjakan
soal gaya gravitasi tetapi salah
|
2
|
||
c.
Jika tidak menjawab
|
0
|
||
3
|
a.
Jika mengerjakan 3
soal percepatan gravitasi dengan benar
|
20
|
20
|
b.
Jika mengerjakan 2
soal percepatan gravitasi dengan benar
|
15
|
||
c.
Jika mengerjakan 1
soal percepatan gravitasi dengan benar
|
10
|
||
d.
Jika mengerjakan 3 soal percepatan gravitasi tetapi salah
|
2
|
||
e.
Jika tidak menjawab
|
0
|
||
4
|
a.
Jika mengerjakan 2
soal percepatan gravitasi dari ketinggian tertentu dengan benar
|
20
|
20
|
b.
Jika mengerjakan 1
soal percepatan gravitasi dari ketinggian tertentu dengan benar
|
10
|
||
c.
Jika mengerjakan 2
soal percepatan gravitasi dari ketinggian tertentu tetapi salah
|
2
|
||
d.
Jika tidak menjawab
|
0
|
||
5
|
|
20
|
20
|
b.
Jika mengerjakan soal periode planet Q tetapi salah
|
2
|
||
|
0
|
||
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN
|
100
|
|
c.
Penilaian portofolio
No
|
KI / KD
/ PI
|
Waktu
|
MACAM PORTOFOLIO
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Kualitas Rangkumn
|
Makalah
|
|
|
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
●
PI = Pencapaian Indikator
●
Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu
file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio.
●
Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 – 100.
●
Penilaian Portofolio dilakukan dengan sistem pembobotan
sesuai tingkat kesulitan dalam pembuatannya.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
PURWANTI,
S.Pd,M.Pd TOTO
SUGIARTO, S.Pd, M.Pd
NIP. 19620106
198412 2 003 NIP.
19701022 199301 1 001
Langganan:
Postingan (Atom)