Insan Mulia

Rabu, 27 April 2011

penyakit jantung


Dada Berdebar Belum Tentu Penyakit Jantung


GEJALA penyakit jantung antara lain da­da atau jantung berdebar-debar dan keluar keringat dingin pada telapak tangan. Na­mun, hal tersebut tak perlu dirisaukan karena gejala-gejala tersebut belum tentu menentukan seseorang terserang penyakit jantung.

Staf pengajar Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler Jetty RH Se­dya­wan SpJP K FIHA mengatakan, banyak hal yang menyebabkan dada berdebar-debar. Begitu juga dengan telapak tangan yang berkeringat bisa jadi karena kelenjar keringatnya memang lebih banyak.

Menurut Jetty, jika seseorang terkena jan­tung koroner, umumnya keringat bu­kan hanya di telapak tangan, tapi juga di seluruh tubuh.

”Gejalanya, tiba-tiba keluar keringat di­ngin yang bentuknya berupa butiran besar. Hal tersebut terjadi pada kondisi yang orang lain tidak mengalaminya,” katanya.

Jetty menjelaskan, nyeri yang khas aki­bat penyakit jantung antara lain sakit di dada bagian tengah dan cenderung ke kiri dan selanjutnya menjalar ke leher dan tercekik.

Baru setelah itu ke tangan kiri disertai ke­ringat dan lemas. Namun ada pula pen­de­rita penyakit jantung merasa masuk angin atau yang dikenal istilah angin du­duk. Padahal, menurutnya, hal tersebut adalah serangan jantung.

Untuk mencegah penyakit jantung ko­roner, kita pelu mengontrol faktor risiko de­ngan mengubah gaya hidup. Seperti ola­h­raga teratur, diet atau mengkonsumsi obat-obatan.

Beberapa faktor risiko yang dapat me­ning­katkan terjadinya penyakit kardio­vas­kuler yaitu kebiasaan merokok, teka­nan darah tinggi, kadar kolesterol darah ting­gi, diabetes, obesitas, serta riwayat pe­nyakit jantung koroner dalam keluarga.

Upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) per­lu dilakukan sejak dini. Bagi orangtua yang memiliki anak yang kelebihan berat ba­dan alias obesitas harus berhati-hati. Pa­salnya, anak obesitas berpeluang 5 kali lebih besar terserang penyakit jantung.

Anak yang memiliki kelebihan berat ba­dan atau obesitas mempunyai ke­mung­ki­nan 3 hingga 5 kali lebih besar terserang jan­tung atau stroke sebelum usia mereka men­capai 65 tahun, dibandingkan anak-anak dengan berat badan normal. Belum lagi risiko terkena diabetes.

Dukungan orangtua, sekolah, dan ke­lom­pok masyarakat lain dapat mem­ba­ngun pola makan sehat bagi anak-anak. Stu­di menemukan keterlibatan orangtua se­cara signifikan memperbaiki kebiasaan ma­kan dan olahraga anak berusia 8 hing­ga 11 tahun.

Anak-anak yang mengalami obesitas me­miliki 80 persen kemungkinan untuk tetap mengalami kelebihan berat badan ketika dewasa dan berisiko tinggi ter­ha­dap jantung dan stroke.

Lebih dari 10 tahun belakangan ini, jum­lah anak-anak yang kelebihan berat ba­dan telah meningkat 2 hingga 5 kali di ne­gara maju dan hampir 4 kali di negara ber­kembang. rm


Jantung Berdebar-debar
PERKENALKAN, saya seorang suami berumur 34 tahun, mempunyai seorang putri berumur 4 tahun, mengalami gangguan, yaitu dada sebelah kiri dan punggung sering terasa sakit, perasaan khawatir, cemas dan takut terhadap sesuatu hal yang tidak mendasar sejak tahun 1996. Awalnya, sekitar tahun 1990-1991, saat saya berolah raga (angkat beban/lari) saya sering mengalami jantung berdebar pada tingkat tertentu. Hal ini saya anggap sesuatu yang tidak perlu saya khawatirkan.
Pada saat itu saya masih kuliah jurusan Bahasa Inggris di salah satu PTS di Mataram dan merangkap menjadi pemandu wisata. Oleh karena pergaulan, saya mengenal seorang gadis Eropa. Kami menjalin hubungan asmara sampai selesai kuliah dan kemudian berangkat ke negaranya. Hubungan kami berjalan kurang lebih 8 bulan, dan suatu hal terjadi sehingga kami harus berpisah. Pada saat ini saya tidak merasa stres dan saya balik ke Indonesia untuk bekerja kembali. Namun mulai terasa aneh pada dada saya (penyakit di tahun 1990-1991 itu terasa kambuh) dan pada saat itu saya benar-benar tidak dapat bangun dari tempat tidur selama kurang lebih du bulan. Badan terasa lemah, tensi naik turun, pernah 90/70, kadang-kadang 140/90.
Setelah pulih saya memutuskan untuk bekerja sebagai guru di sekolah swasta karena saya tidak percaya diri lagi menjadi “guide”, dan hal ini terjadi sampai sekarang. Hal yang aneh, saya sering mengalami debaran jantung yang tiba-tiba kencang pada situasi tertentu, misalnya bila saya berjumpa dengan teman lama, harus berbicara di depan orang banyak yang seusia dengan saya, mengunjungi orang mati atau pergi ke kuburan, berdebat dengan orang lain, dan mengeluarkan pendapat dalam rapat-rapat resmi. Biasanya diawali dengan getaran di bawah dada, dan terasa udara menekan ke atas dan jantung berdebar keras/kencang. Hal ini bisa berlangsung selama 20-30 menit. Betapa tersiksanya, saya harus memendam atau menyembunyikan rasa takut saya ini terhadap orang lain pada saat saya mengalami hal semacam itu. Istri saya banyak membantu saya dengan memaksa saya terus melawan kecemasan saya terhadap hal-hal yang saya takuti.
Pernah suatu saat saya diundang pimpinan saya, berlaku hanya untuk satu orang, sehingga saya harus pergi sendiri. Biasanya, ke manapun saya pergi selalu ditemani oleh istri. Saya merasa waswas beberapa jam sebelum berangkat. Ah, saya memberanikan diri pergi dengan sepeda motor. Sepanjang perjalanan dada ini dag dig dug tidak tenang, sehingga baru tiba di tempat acara, saat saya memarkir sepeda motor jantung saya berdebar kencang, saya sangat panik. Untung rumah pimpinan saya agak masuk ke dalam gang kecil sehingga tidak ada orang yang saya kenal berada di tempat parkir tersebut. Dalam hitungan detik, saya memutuskan untuk membatalkan menghadiri pesta tersebut. Saya langsung tancap gas dan kurang lebih 500 meter dari tempat itu debaran jantung saya mereda. Saya sangat marah dengan diri saya mengapa hal ini harus terjadi. Sampai sekarang saya kurang senang mendapat undangan pesta atau acara-acara resmi, apalagi harus pergi sendiri.
Beberapa hal yang ingin saya tanyakan, sbb.:
1. Apakah panik ini ada hubungannya dengan penyakit jantung? Saya pernah melakukan “tred-mill”, hasilnya dinyatakan “fatigue”, saya sangat kelelahan pada saat “tred-mill”.

2. Apa yang harus saya lakukan untuk kembali dapat melakukan hal-hal yang menakutkan/mencemaskan saya tersebut. 3. Terapi apa yang harus saya lakukan sehingga saya dapat menjadi pribadi yang tenang, saya seorang yang berprasangka negatif terhadap seseorang/sesuatu secara berlebihan.
Golfian
Mataram

Galfian, Membaca apa yang Anda alami tersebut, dapat dicermati bahwa permulaan Anda mengalami serangan panik pertama kali tahun 1990-1991, kemudian muncul kembali tahun 1996 dan akhirnya sering kumat. Belakangan ini Anda tidak lagi mengalami serangan panik, tetapi sudah berupa gangguan panik yang serangannya terjadi sewaktu-waktu dan kemudian berlanjut menjadi gangguan cemas.
Sebagai pemicu pertama terjadinya serangan panik adalah kelelahan yang Anda alami dan kemudian tanpa pemicu bisa kumat. Namun serangan panik ini bisa menimpa karena Anda pernah mengalami suatu peristiwa waktu Anda kecil yang membuat Anda merasa panik atau cemas yang menakutkan perasaan Anda. Ada trauma di masa kecil atau remaja yang tersimpan dengan baik berupa memori di alam bawah sadar Anda yang mempengaruhi cara berpikir dan bereaksi Anda pada rangsangan yang datang dari luar. Keadaan yang terus berlanjut ini membuat Anda merasa cemas. Anda mencemaskan hal-hal yang belum terjadi, atau yang akan datang atau yang sudah lampau. Anda tidak pernah ada waktu untuk merasakan keadaan sekarang.
Semua gejala yang Anda alami, dari sudut kedokteran secara fisik, tidak ada gangguan, tetapi secara psikis terganggu sehingga memerlukan penanganan psikiatri yang holistik. Dari gejala panik yang terjadi berupa jantung berdebar-debar merupakan simbol dari permasalahan yang Anda alami. Kemungkinan hal ini erat hubungannya dengan orang yang Anda cintai atau hal-hal yang menentukan kehidupan atau karier Anda. Oleh karena itu, untuk mengatasi keadaan ini yang terbaik adalah sbb.:
* Untuk sementara, minum obat penenang agar Anda bisa melihat masalah dengan objektif.
* Menemukan penyebab panik dan cemas ini dan mengatasinya dengan psikoterapi.
* Kalau ingin keadaan ini berlangsung singkat, perlu dilakukan hipnoterapi spiritual untuk mengubah arti dari penyebab gangguan ini yang dilakukan di alam bawah sadar penderita.
* Berani menghadapi setiap gangguan panik atau kecemasan yang muncul berikutnya. Harus berani menghadapi kenyataan dan tidak pernah lelah untuk menghadapinya.
* Mengatasi gangguan panik dan cemas ini memerlukan kesabaran dan keberanian untuk menghadapinya.
* Usahakan bekerja seperti semula sehingga di dalam mengatasi gangguan tidak dalam situasi kehidupan yang berbeda.

Dalam perjalanan hidup Anda, gangguan ini sewaktu-waktu akan muncul, namun Anda tidak mencemaskan atau menakutkan keadaan itu. Anda tahu gejala itu muncul, namun Anda tidak terpengaruh oleh gangguan itu. Akhirnya, gangguan itu jarang muncul sampai akhirnya gejalanya hilang. Pada saat itulah Anda merasa bebas, merasa berhasil, dan merasa mampu mengendalikan diri. Akhirnya Anda akan percaya apa yang Anda alami adalah masalah kejiwaan, bukan masalah black-magic, guna-guna, atau karena orang lain merasa iri dengan keberhasilan Anda. Kalau Anda percaya bahwa kebesaran Tuhan di atas segalanya dan mau berusaha, Tuhan tentu memberikan yang terbaik pada umatnya. Yang lewat biarlah lewat, sebagai dasar untuk tidak menoleh ke belakang lagi. Yang akan datang biarkan dalam rencana, tetapi yang paling penting merasakan yang sekarang yang sedang Anda alami.
* Luh Ketut Suryani




Anda Nyeri Dada ? Waspadai Serangan Jantung
dr. Nasir on 31 March 2009
RASA nyeri pada bagian dada seringkali dianggap remeh dan diabaikan oleh sebagian orang. Bahkan, ada persepsi bahwa keluhan fisik itu merupakan tanda-tanda masuk angin yang bisa diatasi dengan mudah. Padahal, nyeri pada dada itu bisa jadi merupakan gejala seseorang menderita penyakit jantung.
Ada beberapa keluhan penyakit jantung yang sering diabaikan masyarakat hingga akhirnya penyakit yang diderita bertambah parah.
Sejumlah keluhan yang patut diwaspadai sebagai gejala penyakit jantung adalah, nyeri dada, berdebar-debar, cepat letih, sesak napas, ada riwayat sering pingsan, sesak bila tidur telentang, beberapa organ tubuh membiru, serta perut dan bagian kaki bengkak. Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit jantung adalah rasa nyeri yang hebat disertai muntah.
Tempat nyeri pada gangguan jantung antara lain, di belakang tulang dada, di belakang tulang dada menjalar ke leher, dari dada menjalar ke bahu dan dada. Lokasi lain adalah, dari dada menjalar ke rahang, dari dada bawah di ulu hati, sertai di daerah punggung di antara kedua belikat. Jika terjadi kondisi nyeri dada, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah, baringkan penderita, istirahatkan sampai nyeri berkurang atau hilang, pemberian oksigen, dan panggil dokter, bawa ke rumah sakit terdekat.
Faktor risiko
Diagnosis dini perlu dilakukan pada seseorang yang memiliki faktor risiko kardiovaskular. Sejumlah faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi dengan perubahan gaya hidup adalah, adanya riwayat keluarga yang mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah, usia yang makin tua atau lanjut usia, serta jenis kelamin. Ini merupakan faktor risiko yang tidak bisa dihindari.
Sebenarnya ada sejumlah faktor risiko yang bisa dimodifikasi dengan perubahan gaya hidup adalah dislipidemia seperti kolesterol LDL tinggi, kolesterol HDL rendah dan triglycerides tinggi. Faktor lain adalah, tekanan darah tinggi, menderita kencing manis atau diabetes mellitus, kebiasaan merokok, mengalami kegemukan atau obesitas dan kurang berolahraga.
Kadar kolesterol sangat terkait dengan tingginya risiko terserang penyakit jantung koroner. Kolesterol merupakan zat berwarna putih seperti lilin yang dapat ditemukan di setiap sel tubuh. Kolesterol bisa membantu mencernakan lemak, memperkuat membran sel, dan membuat hormon. Kolesterol HDL memindahkan kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah. Sedangkan jenis kolesterol LDL menempel pada dinding pembuluh darah, merusak dan menyumbat pembuluh darah.
Jika kolesterol bertumpuk pada dinding pembuluh darah arteri atau dikenal dengan istilah aterosklerosis, maka bisa berakibat terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Atherosklerosis merupakan pembentukan plak di dalam pembuluh darah yang menyempit. Kemudian, plak dapat mengelupas dan menyebabkan timbulnya bekuan darah yang menyumbat atau thrombus.
Kendalikan faktor risiko agar terhindar dari penyakit jantung koroner. Beberapa upaya pencegahan penyakit jantung yang bisa dilakukan adalah memeriksa secara teratur kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, periksa tekanan darah secara teratur. Cara lain adalah, menerapkan pola makan yang sehat di antaranya jangan makan yang berlebihan, menghindari makanan yang mengandung lemak, hindari minuman beralkohol.
Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sejumlah penyakit kardiovaskular memiliki risiko tinggi terhadap kematian. Penyakit jantung koroner (PJK) menyebabkan 7,2 juta kematian di dunia pada tahun 1996, dan merupakan 14 persen dari total kematian keseluruhan atau satu dari tiga kematian di negara-negara industri. Sementara stroke menyebabkan 4,6 juta kematian. Hipertensi diderita lebih dari 690 juta orang di dunia. Di negara berkembang, kematian karena penyakit kardiovaskular diperkirakan meningkat 28 persen per tahun.
Nah, pernahkah Anda merasakan nyeri dada, berdebar-debar seperti gambaran di atas ? Waspadalah, jangan-jangan itu tanda-tanda awal serangan jantung. Sudahkah Anda mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih baik ?




Turunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Semangka
dr. Nasir on 25 October 2010 — 2 Comments
Anda doyan semangka? Ada kabar bagus lho buat yang doyan semangka. Sebuah studi yang dilakukan para pakar nutrisi pangan di The Florida State University (FSU), AS, mengungkapkan, semangka kaya senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah, dan bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
Menurut Dr. Arturo Figueroa dan Profesor Bahram H. Arjmandi, semangka adalah sumber L-citrulline yang bisa dimakan, senyawa penting dalam memproduksi oksida nitrat, gas yang memperlebar pembuluh darah.
Setelah melakukan pengujian terhadap sejumlah relawan prahipertensi (garis batas tekanan darah tinggi) yang diberi diberi ekstrak L-citrulline dari semangka sebanyak 6 gram atau sekitar satu sendok teh, hasilnya terjadi peningkatan fungsi arteri, yang kemudian berefek menurunkan tekanan darah, seperti dikutip dari Daily Mail.
Dr. Figueroa mengatakan penemuan ini menunjukkan bahwa semangka memiliki efek dilatasi (memperlebar pembuluh darah). Dan, satu yang bisa mencegah prahipertensi meningkat menjadi hipertensi, faktor risiko utama serangan jantung dan stroke.
Para peneliti menemukan bahwa semangka dengan daging buah berwarna oranye mengandung lebih banyak L-citrulline daripada yang berwarna merah. Lycopene, pigmen yang memberi warna pada buah itu, dipercaya memiliki banyak manfaat. Mulai dari menangkal kanker hingga meningkatkan kesuburan. Pantes saja kalo semangka bisa jadi Viagra alami.
Kedua jenis itu kaya vitamin A, B6 dan C dan tinggi serat. Semangka juga sumber kalium yang bagus, yang menurunkan tekanan darah.
Nah, siapa yang tidak suka semangka? Kayaknya harus berpikir lagi…


Cara Praktis Cegah Sakit Maag
dr. Nasir on 27 January 2011 — Leave a Comment
Pada umumnya radang lambung atau sering di sebut Maag dapat disebabkan banyak faktor (Bisa dibaca disini : Kenali Sakit Maag dan Solusinya). Sebelum terlambat segera cegah.
Banyak orang yang sudah terkena, bahkan sering berulang kali datang ke dokter karena sakit maag-nya kambuh. Lucunya terkadang mereka sudah paham apa dan bagaimana mengatasi sakit maag, tapi upaya pencegahannya terkadang diabaikan, dengan alasan apa yang dilakukan sehari-hari sudah rutin. Disini saya hanya mencoba mengulas kembali dan mengingatkan tentang penyebab dan cara praktis mencegah sakit maag, karena jika dibiarkan penyakit ini dapat mempengaruhi organ lainnya.
Penyebab Sakit Maag
Beberapa penyebabnya antara lain, terlalu banyak makanan yang mengiritasi lambung, seperti yang pedas, asam, minuman beralkohol. Juga bisa karena obat-obatan seperti aspirin (dosis tinggi), kortison, kafein, kortikosteroid.
Selain itu, adanya stress dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang juga bisa menjadi pemicunya. Selain juga asam lambung yang berlebihan, waktu makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, atau makan berlebihan. Atau tertelannya substansi/zat yang korosif, seperti alkali, asam kuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain. Bisa pula akibat infeksi bakteri.
Gejala seperti mual dan sering muntah agak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehingga mengakibatkan muntah darah. Kondisi lain yang mungkin bisa muncul adalah perut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak (sebah) pada bagian atas perut. Nafsu makan menurun drastis, wajah pucat, keringat dingin, dan kepala pusing. Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar. Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati).
Pada radang lambung kronis gejala yang ditunjukan lebih ringan seringkali gejala menjadi samar seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan.
Langkah Praktis Mencegah Sakit Maag
Selain beberapa saran yang saya tulis sebelumnya di Kenali Sakit Maag dan Solusinya, beberapa cara praktis lain antara lain :
  • Pastikan konsumsi makanan yang lunak/lembut.
  • Hindari makanan yang mengiritasi lambung, seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin
  • Jangan terlambat makan atau makan berlebihan, makan sedikit-sedikit tapi sering
  • Usahakan buang air besar secara teratur
Demikianlah tips kesehatan cara mencegah sakit maag. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami sakit Maag.


Kenali 8 Gejala Stres Tersembunyi
dr. Nasir on 24 September 2010 — Leave a Comment
Rutinitas padat yang Anda jalani sehari-hari tanpa disadari bisa memicu stres. Sebuah portal psikologi Italia, “Psiche”, memuat tulisan tentang tanda utama dari stres dan depresi. Dalam tulisan tersebut para ahli menekankan, laju kehidupan yang berlangsung sangat cepat membuat seseorang sering tidak mengetahui bahwa tubuhnya telah lama dalam kondisi stres. Hal ini tentu akan sangat mudah terjadi pada diri kita saat ini dimana roda kehidupan terasa berputar sangat cepat, dan tentu aktivitas begitu cepat terjadi beriringan setiap waktu. Lalu bagaimana cara mengenali bahwa tubuh kita sedang mengalami stres?
Ada gejala-gejala tertentu yang bisa dijadikan sinyal atau medical alarm detector jika tubuh Anda sedang mengalami stres. Namun, seringkali gejala ini diabaikan hingga akhirnya berujung depresi, yang bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Seringkali kita menganggap gejala tersebut sebagai gejala yang ringan dan bisa sembuh segera, dan sama sekali tidak terpikirkan apakah kondisi tubuh Anda sudah mengarah kepada gejala stres atau malah penyakit yang berujung sukar disembuhkan.
Agar gejala stres tak berubah menjadi penyakit membahayakan, ada baiknya Anda mengetahui tanda-tanda terselubung, seperti dikutip laman Genius Beauty, yaitu :
1. Mendadak sering sakit kepala
2. Nyeri haid yang hebat dan berlangsung beberapa hari
3. Sering mimpi buruk
4.
Hasrat ngemil yang tinggi sepanjang hari
5. Mengalami ruam kulit
6. Alergi berkepanjangan
7. Sakit perut dan sering mual
8. Gatal-gatal
Gejala-gejala di atas memang dapat disembuhkan oleh obat-obatan ringan, namun jika gejala ini muncul dan tidak kunjung sembuh meski sudah minum obat ringan, segera berkonsultasi dengan dokter.
Yang perlu Anda sadari bila mengalami delapan gejala di atas, solusi awalnya adalah menenangkan diri. Istirahat yang cukup dibarengi dengan menjalani kegiatan menyenangkan, seperti melakukan hobi, berenang, jogging, bersepeda, atau menghirup udara segar bisa menjadi obat alami terbaik. Memang sebaiknya hidup ini dijalani dengan seimbang, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment

Bugar yang Memesona